Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi Menu Ms Word 2010

Kali ini sedikit saya tuliskan tentang Microsoft word 2010. Berikut terdapat 8 tab menu dalam microsft word 2010, diantaranya adalah : Tab menu file Dalam tab menu file berisi ikon-ikon sebagai berikut :

 Save : untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan setelah diubah.

 Save As : untuk meyimpan dokumen baru atau dokumen lama dengan nama yang berbeda.

 Open : untuk membuka kembali dokumen yang telah disimpan

 Close : untuk menutup lembar kerja

Juga terdapat beberapa perintah seperti: nfo, recent, new, print, save and send, help, options, dan close.

 Tab menu home

 Tab ini paling sering digunakan, karena menggabungkan semua fitur format teks seperti font, dan pengaturan paragraf. Dalam menu home berisi ribbon untuk pengaturan standart, antara lain :

Ribbon Clipboard : berisi ikon untuk mengedit teks. Ribbon Font : untuk mengatur huruf Ribbon Paragraph : untuk mengatur paragraph teks Ribbon Styles : untuk mengatur model penulisan Ribbon Editing : untuk mencari karakter, kalimat pada dokumen atau menyeleksi teks pada dokumen

 a.) Tab menu Insert

 Tab ini digunakan untuk memasukkan berbagai item dalam dokumen seperti gambar, clip art, halaman cover, tabel, text box, penomeran halaman, dan lain-lain.

Ribbon Pages : untuk penambahan halaman
Ribbon Tables : untuk menyisipkan tabel Ribbon Illustrations : untuk menyisipkan berbagai gambar Ribbon Links : untuk menghubungkan antarhalaman atau dengan file lain
Ribbon Header & Footer : untuk membuat catatan dokumen dan penomeran halaman
 Ribbon Text : untuk menyisipkan variasi teks pada dokumen
Ribbon Symbols : untuk menyisipkan simbol

 b.) Tab menu page layout

 Tab ini digunakan untuk mengatur halaman seperti margin, tema, orientasi, dan lain-lain.

 Ribbon Themes : untuk mengatur tema dokumen Ribbon Page Setup : untuk mengatur halaman dokumen seperti batas, posisi, ukuran kertas pada dokumen
 Ribbon Page Background : untuk mengatur warna latar halaman dokumen
 Ribbon Paragraph : untuk mengatur paragraf
 Ribbon Arrange : untuk mengatur letak gambar dan teks

 c.) Tab menu References

 Tab ini menyediakan banyak solusi sederhana untuk menghasilkan dokumen

 Ribbon Table of Contents : untuk membuat daftar isi secara otomatis
Ribbon Footnotes : untuk menyisipkan catatan kaki Ribbon Citations and Bibliography : memasukkan kutipan dan daftar pustaka dalam dokumen yang sedang aktif .
Ribbon Captions : untuk menambahkan keterangan seputar gambar
 Ribbon Index : untuk mengatur indeks pada teks Ribbon Table of Authority : untuk mengatur kutipan dalam teks

 d.)Tab menu Mailings

 Tab ini digunakan untuk mengirim surat seperti mencetak amplop dan label Ribbon Create Ribbon Start Mail Merge Ribbon Write & Insert Fields Ribbon Preview Results Ribbon Finish

 e.) Tab menu Review

 Tab ini untuk membuat perubahan dalam dokumen yang dimungkinkan karena masalah ejaan atau tata bahasanya
 Ribbon Proofing
 Ribbon Language
Ribbon Comments
Ribbon Tracking
Ribbon Changes
Ribbon Compare
 Ribbon Protect

 f.) Tab menu View

 Tab ini digunakan untuk mengubah tampilan dokumen kita ke dua halaman yang berbeda dan memperbesar/memperkecil halaman Ribbon Document Views Ribbon Show Ribbon Zoom Rikbbon Windows Ribbon Macros .

Komentar